Pada dua tahun belakangan ini munculnya kondisi wabah covid 19 diseluruh penjuru dunia mengalami perubahan dalam segala bidang, wabah ini berdampak pada perekonomian masyarakat dan merambat ke aspek pendidikan. Menghadapi situasi seperti ini lembaga pendidikan di dunia harus ditutup sementara, mengikuti dengan peraturan pemerintah di negara masing-masing.
Lembaga pendidikan harus menemukan alternatif baru untuk melaksanakan pendidikan secara vitual atau pembelajaran daring.
Pembelajaran selama pandemic dilakukan dari rumah untuk menghindari penularan cepat terhadap penyakit covid 19. Kegiatan pembelajaran yang berbentuk dengan penugasan dengan memberikan tugas kepada siswa berupa lembar kerja yang telah dirancang sesuai dengan proses pembelajaran berlangsung. Selain menggunakan lembar kerja, kegiatan pembelajaran lainnya menggunakan aplikasi video call, zoom conference, dan google meet yang telah diatur waktunya bersama orangtua. Guru juga dapat menunjukkan keprofesionalannya dengan mengelola siswa secara virtual atau daring.
Guru tidak kehabisan ide dalam memberikan pembelajaran secara daring sehingga siswa akan selalu semangat ketika pembelajaran dimulai. Proses pembelajaran daring menjadi solusi agar tercapai keberhasilan peserta didik.
Sebagai guru yang professional mempunyai peran yang sangat penting dalam pembelajaran selama masa pandemic untuk menumbuhkan motivasi pada diri siswa. Motivasi siswa juga tidak akan tumbuh begitu saja tanpa adanya kemauan yang kuat dari dalam diri siswa itu sendiri. Bagi guru dalam mencari tahu motivasi belajar siswa sangat dibutuhkan, karena dengan mengetahui motivasi belajar setiap siswa maka akan meningkatkan motivasi pada siswa lainnya. Peran guru yang professional diperlukan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk mencapai perkembangan siswa secara maksimal.
Peran guru tetap terlaksana agar siswa lebih terarah dalam belajar. Di masa pandemic guru harus selalu tanggap ketika siswa tidak paham dengan penjelasan yang guru sampaikan dalam pembelajaran daring dengan aplikasi yang tidak melibatkan tatap muka secara langsung dan memberikan solusi agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Guru berperan sebagai pengorganisasian lingkungan belajar dan menjadi fasilitator belajar.
Penulis : Ina Indriyani