• Redaksi
  • Kirim Tulisan
Tuesday, May 13, 2025
  • Login
Hipotesa
  • Berita
    • Pendidikan
    • Pemerintahan
    • Politik
  • Liputan Khusus
  • Opini
  • Tokoh Inspirasi
  • Islamika
  • Ekonomi dan Bisnis
No Result
View All Result
Hipotesa
No Result
View All Result
Home Berita

Salawatan: Corak Tradisi Lisan di Banten

Redaksi by Redaksi
May 10, 2021
in Berita
0
21
SHARES
1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

hipotesa.id – Banten merupakan daerah yang religius di mana Islam menjadi agama mayoritas masyarakat Banten. Dalam berbagai literatur sejarah, Islam menjadi landasan yang kuat dalam beragama dan dalam perilaku budaya masyarakat Banten. Citra tersebut tidak terlepas dari latar historis berdirinya Kesultanan Banten.

Bahkan dalam catatan Martin van Bruinessen, dalam memperkuat landasan beragama di Banten, Sultan Banten sampai mengundang para ulama Nusantara bahkan ulama Timur Tengah untuk datang dan mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada masyarakat dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga

Gen Cilegon Gelar Diskusi Bersama Wakil Wali Kota, Bahas Isu Sosial dan Lingkungan

April 28, 2025

Juara Grup, Persic Cilegon Siap Tempur di Babak 32 Besar Liga 4 Nasional

April 26, 2025

Religiusitas masyarakat Banten juga tercatat dalam catatan Snouck Hurgronje yang mengamati langsung kehidupan masyarakat Banten, baik yang ada di Banten maupun yang tinggal di Mekkah. Ia memandang bahwa masyarakat Banten sebagai “masyarakat yang lebih taat dibandingkan masyarakat jawa lainnya dalam melaksanakan kewajiban agama seperti puasa di bulan Ramadan serta dalam membayar zakat”.

Religiusitas masyarakat Banten juga dapat dilihat dari banyak tradisi lisan keagamaan yang tersebar di seluruh wilayah Banten. Salah satu dari banyak tradisi lisan yang dapat dilihat adalah tradisi salawatan. Tradisi tersebut masih bertahan dan hidup hingga saat ini di Banten. Ratusan jenis salawatan ada di Banten, mulai dari yang berbahasa Arab, bahasa Jawa Banten, Bebasan, bahasa Sunda, maupun bahasa Melayu.

Salawatan sendiri ialah salah satu tradisi (ritual) keagamaan dalam bentuk ekspresi estetik. Sedangkan, tradisi salawatan, puji-pujian, atau si’iran, yang dalam praktiknya menyatukan unsur sya’ir dan nada yang indah, hal ini merupakan corak kebudayaan masyarakat Banten yang tercipta dari penghayatan keagamaan yang dalam. Hingga saat ini, tradisi tersebut masih dapat kita jumpai di berbagai tempat di Banten.

Tradisi salawatan dari zaman dahulu sudah ditransmisikan dari generasi ke generasi melalui lisan dengan cara menghapal dan melagukan sya’ir-sya’ir. Selain itu, tradisi salawatan juga sarat dengan kandungan makna dan kesusastraan yang tinggi. Seni sastra tersebut merupakan hasil dialog yang harmonis antara agama dan budaya lokal.

Pada dasarnya salawatan, tidak dapat dilepaskan dari konteks sosial dan budaya masyarakat penuturnya. Karena selain fenomena sosial, salawatan juga merupakan fenomena budaya. Manusia sudah mengenal syair sejak dahulu. Kebanyakan dalam sejarah peradaban manusia syair dapat dijadikan sebagai pusat ritual. Setiap peristiwa penting dalam kehidupan manusia seringkali diungkapkan lewat syair-syair. Sebagai fenomena sosial, salawatan merupakan suatu bentuk perilaku budaya yang digunakan sebagai sarana komunikasi dan sarana dakwah.

Tradisi salawatan memiliki keindahan dari sisi makna sastrawi, juga keindahan dari sisi suara atau musik. Karena dalam praktiknya, salawatan dilantunkan dengan dendangan lagu-lagu yang harmonis untuk didengar. Hal ini menunjukkan bahwa tradisi salawatan merupakan ritual keagamaan yang sekaligus sebagai ekspresi estetik yang Islami.

Dalam tradisi salawatan di Banten, kita dapat melihat bagaimana tingkat religiusitas masyarakat Banten. Serta bagaimana tradisi ini menjadi karakter dan watak yang menyatu dalam kehidupan sosial dan aktifitas keseharian masyarakat Banten. Di sisi lain, salawatan juga menjadi bukti kongkrit adanya kekayaan khazanah kebudayaan Islam dan tradisi lisan keagamaan masyarakat Banten.

Penulis: Jafra Aulia
Editor: Muhaimin

Tags: Sosial dan Kebudayaan
Previous Post

Pendaki Darel Azhar, Gelar Santunan Anak Yatim

Next Post

Birokrasi Keong dan Kerugian Masyarakat

Related Posts

Berita

Gen Cilegon Gelar Diskusi Bersama Wakil Wali Kota, Bahas Isu Sosial dan Lingkungan

April 28, 2025
Berita

Juara Grup, Persic Cilegon Siap Tempur di Babak 32 Besar Liga 4 Nasional

April 26, 2025
Berita

Sah! Ayatullah Khumaeni Terpilih Sebagai Ketua Dewan Kebudayaan Kota Cilegon

April 24, 2025
Berita

Melalui Sosialisasi Wawar, PPK dan PPS Mancak Ajak Masyarakat datang ke TPS

April 17, 2025
Berita

Sinergi KNPI dan Pemkot Cilegon, Kolaborasi Pemimpin Muda

April 15, 2025
Berita

H-4 Menjelang PSU, PPK Mancak Gencar Lakukan Sosialisasi

April 15, 2025
Next Post

Birokrasi Keong dan Kerugian Masyarakat

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rame Banget!

  • Pantai Mandalika Berok Anyer: Liburan Murah, Fasilitas Lengkap

    107 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Kepala Desa Kerta Peringatkan Para Oknum Supir Tronton Agar Tidak Berhenti Sembarangan di Ruas Jalan Raya Kawasan Masida Cilajim

    116 shares
    Share 46 Tweet 29
  • Villa Asri Residence Tawarkan Hunian Dengan Harga Terjangkau

    35 shares
    Share 21 Tweet 13
  • Hidup Tanpa Cinta: Sebuah Kehancuran atau Keindahan

    21 shares
    Share 32 Tweet 20
  • Sigit Haryono, Kapolres Pecinta Sepak Bola dan Fans AS Roma

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Redaksi
  • Kirim Tulisan
© 2022 Hipotesa - Diproduksi by hipotesa.

No Result
View All Result
  • Berita
    • Pendidikan
    • Pemerintahan
    • Politik
  • Liputan Khusus
  • Opini
  • Tokoh Inspirasi
  • Islamika
  • Ekonomi dan Bisnis

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In