Medan. 13 Juni 2022
Pada awal tahun 2020, Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 telah menginfeksi jutaan manusia dan menyebabkan kematian di beberapa negara di dunia. Di Indonesia sendiri, virus corona menyebar luas pada Maret 2020, menyebabkan segala aktivitas kehidupan berhenti sementara, salah satunya adalah pendidikan. Banyak sekolah yang ditutup agar tidak terjadi peningkatan penyebaran virus dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, memutuskan untuk pembelajaran sekolah maupun perguruan tinggi dilakukan secara online di rumah masing-masing lewat surat edaran Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat COVID-19. Konsekuensi dari ditutupnya sekolah adalah dengan melakukan daring atau online. Pihak sekolah dituntut untuk tetap melakukan pembelajaran, membuat guru harus tetap memerhatikan proses belajar siswa yang dilakukan secara online.
Kegiatan ini tentunya menyita lebih banyak perhatian pihak sekolah terhadap para siswanya karena pembelajaran yang dilakukan secara digital dan tidak lagi tatap muka untuk sementara waktu.Perubahan pola belajar dan mengajartentunya membawa banyak pengaruh terhadap beberapa pihak. Hal ini juga tidak lepas dari peran guru yang harus siap dengan berbagai kondisi pembelajaran dan kondisi siswa. Dalam situasi ini, guru diharapkan tetap melakukan pengajaran yang baik dan tetap memberikan motivasi belajar kepada para siswa agar mereka tetap semangat belajar.
Guru harus berperan aktif dalam meningkatkan motivasi belajar daring di masa pandemi ini agar siswa tetap mampu menangkap informasi yang dilakukan dalam proses belajar yang telah dilakukan. Hal ini juga menekankan pentingnya peran guru yang tidak tergantikan meskipun peran teknologi dalam kegiatan daring ini berlangsung karena dalam dunia pendidikan di masa pandemi ini, teknologi hanya merupakan jembatan untuk mempermudah guru dalam mengajar.
Guru berperan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Terutama dalam memberikan motivasi kepada siswa sehingga dapat tercapai tujuan dari pembelajaran. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu kegiatan yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran, apalagi pada masa pandemi covid-19 ini. Guru dituntut untuk menunjukkan kompetensinya dalam membimbing siswa dan harus kreatif untuk membangkitkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. Motivasi diperlukan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang optimal dan bermakna walaupun di tengah keterbatasan karena pandemi covid-19.
Penulis : Siti Aisyah Hasibuan